Terjadi 2 gempa M7.1 dan M7.0 (usgs) berselang 1.5 jam di dini hari 20 Agustus 2011. Hingga 4 hari sesudah mainshock, tampaknya masih menyeimbangkan diri, dengan beberapa gempa mikro, yang bisa diliat di aktifitas usgs.

Gempa Vanuatu M7.1 dan M7.0 (bintang) yang terletak sangat berdekatan, dini hari 20 Agustus 2011.

Gempa Vanuatu M7.1 dan M7.0 (bintang) yang terletak sangat berdekatan, dini hari 20 Agustus 2011.

Aku mulai melirik ke area aktif kepulauan-kepulauan ini pasca gempat-tsunami Samoa 2009, M8.1. Area kepulauan ini terletak di sisi barat daya dari samudrea pacific, dan terletak di ring of fire. Samoa, Solomon, Vanuatu, New Zealand merupakan area dan teramat sangat aktif.

Kepulauan di Barat Daya Pacific  (google image)

Kepulauan di Barat Daya Pacific (google image)

Di Vanuatu ternyata bukan pertama kalinya terjadi 2 gempa berturut-turut. Pada 9 Januari 2011 lalu misalnya, terjadi gempa M6.6 dan M6.2 berturut-turut pada hari yang sama, dekat pulau sebelah selatan dari pulau ibukota Port-Vila. Pasca gempa M7 kemarin, Vanuatu Meteorology and Geo-Hazards Department mengeluarkan peringatan tsunami , yang kemudian dibatalkan pada pukul 7 pagi, atau 2 jam setelah gempa M7.0 kedua.

Liputan bagaimana reaksi orang di Port-Vila diceritakan di daily post vanuatu. Orang-orang terbangun dan segera keluar, terutama pasca gempa kedua. Lalu orang berusaha ke tempat yang tinggi untuk evakuasi pasca peringatan tsunami dikeluarkan. Vanuatu pun ternyata familiar sekali dengan tsunami. Bisa diikuti misalnya di www.drgeorgepc.com, seperti kejadian tahun 2002 dan 1999. Vanuatu sendiri berpenduduk seperempat juta orang. Port-Vila sendiri berpenduduk sekitar 40.000 orang. sedikit dibanding Indonesia🙂 namun jiwa orang selalu berharga, maka kita tetep harus menjaga diri.

*tidak ada laporan kerusakan pada kejadian ini