Jepang Utara kembali dihantam gempa dengan M7.0 (nied). Tsunami warning diisukan sekitar 50 cm, dimana 1 jam kemudian datang sekitar 10 cm. Guncangan cukup terasa di Jepang Utara (TV) namun sejauh ini dilaporkan tidak ada korban maupun kerusakan yang berarti (japantimes). Gempa ini merupakan gempa ke-6 dengan M>7 sejak 9 Maret 2011 di kawasan barat Jepang Utara.

Mekanisme gempa M>7 off northeast japan, 9 maret – 10 juli 2011. simbol warna seperti gambar sebelumnya. data CMT: oranye: dari G-CMT, merah (M9) epicenter dari JMA, cmt dari G-CMT. biru: gempa 10 juli 2011 M7 dari NIED.

 

Menarik bahwa mekanisme gempa kemarin bukan tipe thrust, ini juga yang menyebabkan tsunami yang dihasilkan tidak tinggi, walau masih tetap menghasilkan tsunami setinggi 10 cm. tipe strike ini biasanya berasosiasi dengan fault/patahan. kalau dilihat dari bathymetri nya, tampak jalur fault yang searah dengan mekanismenya.

Hal ini menandakan betapa kompleksnya area di jepang utara ini. dia menyimpang manifestasi aneka gempa yang bisa terjadi di zona subduksi.