Bukan hanya penduduk Indonesia maupun Jepang yang sedang dilanda bencana berturut-turut, penduduk di Chile pun kini sedang dilanda fenomena kebesaran alam. Pasca gempa megathrust M8.8 yang menghantam Chile pada 27 Februari 2010 yang mengundang tsunami yang tersebar se-pasifik, Chile masih sering dihantam gempa dengan magnitude 6. Hingga tulisan ini ditulis, gempa M6.3 terjadi lagi kemarin, tanggal 20 Juni 2011.

Tidak berhenti di gempa, sejak tanggal 4 Juni, Gunung Puyehue yang membentang 500 km di tenggara pusat gempa 2010 mengeluarkan dahaknya, meletus dengan kolum setinggi 10 km, dan debu yang beterbangan hingga New Zealand dan Australia. Penerbangan tentunya dihentikan, dan bagi pecinta sepakbola, mengakibatkan delaynya pertandingan sepakbola ^^.

Menariknya, letusan terakhir gunung ini terjadi 51 tahun silam, pada 24 Mei 1960, 38 jam sesudah gempa Chile 1960 M9.5. Gempa Chile tahun 1960 merupakan gempa megathrust terdasyhat sepanjang instrument seismik mulai diimplementasikan. Gempa ini mengakitakan tsunami yang tersebar di sepanjang pasifik, termasuk hingga Jepang. Kejadian ini pula yang memicu lahirnya Pacific Tsunami Early Warning System.

Peta Chile

Peta Chile

Seperti halnya gempa Sumatra-Andama 2004 M9.1 di Indonesia dan gempa Tohoku 2011 M9.0 di Jepang, gempa Chile 2010 M8.8 maupun gempa Chile 1960 M9.5 terjadi akibat subduksi lempeng. Di Chile, lempeng Nazca menghujam ke bawah lempeng Amerika Selatan dengan kecepatan 66 mm/th.

 

Dalam kasus aktifitas gunung api, menarik mengamati bagaimanakah hubungan antara gempa dengan pemicuan aktifitas gunung api?

Tidak heran kini para peneliti di Jepang juga meningkatkan pengamatan dengan gunung-gunung yang tersebar di Jepang, pasca gempa Tohoku M9.0. Kita tunggu saja beberapa tahun ke depan.. sambil bersiap dan waspada selalu tentunya.

Semoga penduduk di Chile tabah dan kuat, serta mampu melakukan recovery secara cepat..

Berita:

http://www.volcanolive.com/puyehue.html

http://earthsky.org/earth/first-falling-ash-pictures-from-puyehue-cordon-caulle-volcano-in-chile?gclid=CPDlx8DnxakCFQHxbwodHBl8Uw

http://bigthink.com/ideas/38858

http://volcanism.wordpress.com/?s=puyehue&searchbutton=go%21

Foto:

Lightning bolts strike around the Puyehue-Cordon Caulle volcanic chain in the Patagonia region, on June 5, 2011. (Reuters/Carlos Gutierrez)

Lightning bolts strike around the Puyehue-Cordon Caulle volcanic chain in the Patagonia region, on June 5, 2011. (Reuters/Carlos Gutierrez)

Video:

Selintas tentang Gempa Chile 1960:
To remind the Chile earthquake 2010: