NHKJapan Times, dan Yahoo News pagi ini memberitakan bahwa Senin 9 Mei 2011, sudah diputuskan Chubu Electric Power  Hamaoka di Shizuoka Perfecture akan ditutup, menyusul permintaan Perdana Mentri Jepang Naoto Kan. Sekilas mengenai Hamaoka bisa dibaca di wikipedia.

Nuclear Power Plant in Japan (sumber: http://www.gnfjapan.com/english/business/map.html)

Nuclear Power Plant in Japan (sumber: http://www.gnfjapan.com/english/business/map.html)

Kenapa??

Bisa diduga, karena kejadian dari Fukushima, yang ternyata “belum” siap berhadapan dengan gempa M9 yang terjadi 11 Maret 2011 lalu di Sendai.

Memangnya mau ada gempa besar lagi ya??

Berdasarkan peta Evaluasi Potensi Gempa Subduksi di Jepang, daerah Shizuoka-Aichi memiliki potensi terjadi gempa M8.0 sebesar 87%. (Tokai Earthquake).

di selatannya menanti Tonankai Earthquake M8.1 sebesar 60-70%, lalu Nankai Earthquake M8.4 sebesar 50%. Jika terjadi bersamaan, diprediksi hingga 8.5.

Terpercayakah peta ini??

probability subduction earthquake japan (sumber: jishin.go.jp)

probability subduction earthquake japan (sumber: jishin.go.jp)

Gempa Tokachi pada tahun 2003 adalah kejadian pertama yang terjadi pasca peta ini selesai dibuat. Gempa Tokachi telah diprediksi berpotensi M8 dengan probability 60% (The Tokachi-Oki Earthquake), dan “tepat” terjadi M8.0 pada tahun 2003.

Gempa Tohoku pada tahun 2011 juga terjadi pada area yang telah diprediksi. Hanya saja tidak terprediksi bahwa luas segmen yang “patah” bisa sebesar itu, dengan energi se-dasyhat M9. Yang diprediksi adalah Gempa Miyagi-ken-oki M7.5 sebesar 99%, jika patah bersama dengan segmen di selatannya, bisa hingga M8. Gempa Fukushima-ken-oki M7.4 sebesar 7%, serta Gempa Ibaraki-ken-oki M6.8 sebesar 90%. 3 segmen ini diduga patah secara bersamaan, dengan sebagian dari segmen Gempa Sanriku-Oki to Boso-Oki M8.2 sebesar 20%.

Gempa Tohoku 2011 menimbulkan pada pertanyaan baru terkait dengan akumulasi dan pelepasan energi yang bisa dihasilkan dari proses subduksi yang menhujam ke bawah pulau Jepang.

Chubu Electric Power Hamaoka terletak di Shizuoka, persis di sebelah pantai. Tentu saja hal ini menimbulkan kekhawatiran, jika Power Plant ini, seperti kasus Fukushima, mengalami kerusakan akibat gempa/tsunami. Dampaknya bisa lebih fatal, karena terletak di tengah kepadatan penduduk, di tengah Tokyo dan Nagoya.

An aerial view shows Chubu Electric Power Co's Hamaoka Nuclear Power Staion in Omaezaki

An aerial view shows Chubu Electric Power Co's Hamaoka Nuclear Power Staion in Omaezaki

Pemerintah mengambil sikap sangat berani untuk melindungi warganya dari ancaman bahaya yang mematikan.

Langkah ini menurutku pastinya langkah yang sangat sangat besar, karena jangka waktu 2 tahun untuk penguatan sistem bisa berdampak ekonomi sangat besar, dari mulai beragam industri, dan pengalihan pasokan energi.

Semoga.. usaha Pemerintah Jepang dan pengorbanan banyak pihak demi keselamatan warga, membuahkan hasilnya kelak..

note. bonus peta kota administratif di Jepang, biar ngga kehilangan orientasi ^^