Today`s Crustal Deformation Seminar is about Uplift of the Longmen Shan and Tibetan plateau, and the 2008 Wenchuan (M=7.9) earthquake, Nature, 458, 194-197, 2009, by J. Hubbard and J. H. Shaw. Presented by Sagiya Sensei.

Dataran tinggi tibet memang terkenal di kalangan para geologis dan geofisis, namun jarang-jarang aku baca. Karena presentasi hari ini, jadi dapet wawasan tambahan mengenai area menarik ini. Penelitian di area sini 1 tahun terakhir semakin meningkat menyusul gempa Wenchuan, China (M. 7.9). Hubbard, dalam Nature 2009, meneliti bagaimana dataran tinggi ini terbentuk, dan mengapa terjadi gempa Wenchuan 2008. Metode yang digunakan adalah dari interpretasi data seismik.

Tibetan Plateau

Tibetan Plateau

Secara singkat, Mereka menyimpulkan bahwa terjadinya shortening adalah penyebab pencetus gempa Wenchuan. Sejak jaman Jurassic (65 Ma tahun yang lalu), diinterpretasi terjadi shortening sebesar 25 km, yang mengakomodasi terjadinya uplift di area situ. pada akhirnya akumulasi energi mengakibatkan gempa bermagnitude 7.9. Shortening ini sebanding dengan 0.4 mm/tahun, seperti kecil bukan? namun jika terakumulasi terus menerus, akan besar juga, seperti pepatah, `sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit`

Click here for more about Tibetan Plate