Seperti apa sebaran gunung api di Jawa persisnya?

Berikut adalah hasil plot peta dari data SRTM (Shuttle Radar Topography Mission)

 

Sebaran gunung di pulau Java

Sebaran gunung di pulau Java

 

Apakah kita bisa mengenali satu-satu gunung berapi yang ada di Pulau Jawa ini?

Jawabannya,, ada di bagian paling bawah.

Bagaiman aktifitas tektonik di Java belakangan ini? Aktifitas tektonik di Jawa dipengaruhi oleh subduksi dari lempeng australia di selatan Java, yang mengunjam hampir tegak lurus terhadap Palung Jawa. Berikut saya coba plot peta seismisitas di Pulau Jawa sejak 1994, saat itu pantai selatan Jawa Timur terkena Tsunami dari gempa bermagnitude 7.7. Setelah tahun 1994, gempa besar dirasakan warga yogya tanggal 25 Mei 2006, menyusul gempa tsunami di pangandaran pada 17 Juli 2006. Tahun itu pula, Merapi mengeluarkan pyroclastic flow dan hujan abu pada Juni 2006. Pada 2 September 2009, warga di jawa Barat dikejutkan dengan gempa Tasik. Dan Oktober 2010 kini, Merapi kembali menunjukkan aktifitasnya yang cukup dasyhat, dimana abu vulkaniknya tersebar hingga radius 200km, menurut berita hari ini.

Peta sebaran gunung api dan seismisitas di jawa

Peta sebaran gunung api dan seismisitas di jawa (M>6)

Gunung Merapi memiliki tinggi 2968 meter (wikipedia) dan tercatat sebagai salah satu gunung api teraktif di dunia. Lebih banyak mengenai Gunung Merapi, bisa mengintip Wikipedia dan Volcano Live.

Foto Gunung Merapi, dari National Geographic.

 

Mount Merapi, Photograph by John Stanmeyer, National Geographic

Mount Merapi, Photograph by John Stanmeyer, National Geographic

Letusan Merapi pada 4 November mencapai 8 km..

Menurut Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendrasto, bukan hanya Gunung Merapi yang sedang bangun, 20 gunung api lainnya di Indonesia masuk dalam pengawasan intensif karena berstatus waspada (level II) sebanyak 17 gunung dan siaga (level III) sebanyak 3 gunung, yang sewaktu-waktu aktivitasnya bisa meningkat. (antara dan berbagai sumber berita lainnya).

Ketiga gunung api berlevel siaga adalah Gunung Sinabung di Sumut, Karangetang di Sulawesi dan Gunung Ibu di Halmahera. Status gunung Sinabung turun dari status awas (level IV) menjadi siaga sejak 23 September 2010.

Sedangkan 17 gunung api lainnya berstatus waspasa (level II) yakni Gunung Merapi, Egon, Talang, Batur, Kaba, Anak Krakatau, Semeru, Slamet, Sangeang Api, Rinjani, Rokatenda, Soputan, Dukono, Gamalama, Papandayan, Lokon, Kerinci dan Gunung Bromo.

Ayo.. cari lokasi gunungnya di peta di bawah ini:

Gunung Api di Indonesia (sumber: usgs)

Gunung Api di Indonesia (sumber: usgs)